MOTHERBOARD






 Motherboard adalah suatu perangkat komputer yang menghubungkan setiap komponen-komponen komputer agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain seperti processor , video card, RAM, hard disk, dan lain sebagainya.


Motherboard ini pertama kali dibuat pada 1977 oleh Apple. Beberapa perusahaan pertama yang pernah mengembangkan motherboard tersebut adalah, Mylex, Micronics, AMI, Orchid Technology, Elitegroup, Huppauge, dan DFI.




 KOMPONEN KOMPONEN MOTHERBOARD:


1. Soket processor

Tempat / dudukan untuk menyimpan processor


2. 4 / 8 pin power processor

Bagian ini berfungsi menyalurkan daya pada prosesor, penggunaan 4 / 8 pin tergantung dari jenis motherboardnya sendiri dan daya yang dibutuhkan prosesor (TDP). 4 pin = 95 watt dan 8 pin = 125 watt.


3. CPU Fan Connection ( kipas headsing processor )

Port ini berperan menghidupkan kipas pendingin processor (hsf).


4. Slot RAM

Bagian motherboard untuk meletakan RAM. Terdapat beberapa jenis slot RAM diantaranya SD RAM, DDR, DDR2 , slot DDR3 dan kapasitasnya berbeda-beda.Terdiri dari 8gb, 16gb, 32gb tergantung dari jenis motherboard.


5. IDE Primer dan Sekunder

IDE adalah kependekan dari Integrated Device Electronics, yang mendukung perangkat IDE, seperti Hard disk dan CD / DVD drive.


6. 24 Pin Power connector

Berfungsi sebagi port untuk menyalurkan listrik dari power supply 11 ke seluruh bagian motherboard.


7. Konektor SATA

SATA (Serial Advanced Technology Attachment).Berfungsi sebagai port data dari harddisk 8 dan dvd drive. Ini merupakan model konektor terbaru dengan ciri-ciri kabel datanya lebih kecil serta ramping.


8. Sistem Panel Connector

Pada bagian Connector – connector ini akan disambungkan pada tombol-tombol pada casing seperti tombol power, restart, lampu power serta lampu hardisk.


9. Serial Port Connection

Tempat atau dudukan pin untuk port usb pada casing


10. Slot PCI Express

Berfungsi sebagai penambah port usb atau komponen tambahan lainnya


11. Slot PCI

Slot PCI adalah slot tambahan atau external pada komputer.Komputer dapat di upgrade dengan menambahkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan pada expansion card ini.


12. Slot VGA (AGP)

lot AGP (Accelerated Graphics Port) digunakan untuk meletakan atau memasang VGA Card / kartu grafis yang ditujukan untuk game 3D atau membuat desain. Letaknya berada di samping slot PCI.


13. Baterai CMOS

Berfungsi menyimpan pengaturan data & waktu. Ketika komputer dimatikan, maka komputer berhenti menyediakan pasokan daya listrik ke motherboard.Ketika komputer dihidupkan kembali, sistem ini masih berada di waktu yang tepat. Sirkuit elektronik, disebut CMOS (komplementer MetalOxyde Semiconductor kadang-kadang disebut BIOS CMOS), menyimpan beberapa sistem informasi, seperti waktu, sistem tanggal, dan beberapa sistem pengaturan penting. itu sebabnya tanggal pada komputer selalu tepat (sesuai dengan settingan), walaupun komputer dimatikan. Agar dapat menyimpanan tanggal & waktu serta informasi perangkat keras yang terpasang, maka motherboard memerlukan baterai CMOS diletakan di bagian motherboard, baterai ini sama dengan baterai jam berukuran besar.


14. Line out jack

jack line out (lime) ini menghubungkan ke headphone 5 atau speaker 3. Pada mode 6-channel, funsi jack ini menjadi speaker out depan.


15. Microphone jack

Jack mic (pink) ini meghubungkan ke mikrofon 7. Pada mode 6-channel fungsi jack ini rear speaker out belakang.


KEGUNAAN MOTHERBOARD : 

Tugas motherboar adalah menghubungkan beberapa komponen seperti; BIOS (Basic Input Output System), Chipset (Pengatur koneksi input output), RAM (memory penyimpanan data), VGA Card (memori penyimpanan data grafis), Prosesor dan additional card. Jika kita lihat fungsi dari motherboard itu sendiri kita dapat menyimpulkan bahwa komponen yang satu ini memiliki peran yang sangat penting sekali bagi kinerja suatu komputer. Dengan adanya motherband ini segala peralatan yang ada di komputer mampu bekerja sesuai dengan jalurnya masing-masing.

Komentar